Pernyataan ALEAS tentang sumbangan darah di Prancis

Pernyataan ALEAS tentang sumbangan darah di Prancis

ALEAS-IU Federal menunjukkan penolakannya terhadap tindakan yang sekali lagi diadopsi oleh anggota negara tetangga Uni Eropa, dalam hal ini Prancis, sehubungan dengan donor darah.

Menteri Kesehatan, Marisol Touraine, seorang anggota Partai Sosialis Prancis telah mengumumkan bahwa mereka hanya akan mengizinkan untuk menyumbangkan darah kepada para gay yang tidak berhubungan seks selama setahun atau memiliki pasangan yang stabil selama minimal 4 bulan.

Bagi kami, tindakan ini sepenuhnya sewenang-wenang, yang hanya berhasil terus menstigmatisasi kolektif LGTBI dan mengancam hak privasi orang. Selain itu, fakta bahwa kondisi ini tidak berlaku untuk orang heteroseksual ketika menyumbang menunjukkan sifat diskriminatif mereka.

Untuk orang gay, lesbian, biseksual, transgender, dan interseks, tindakan ini menyiratkan diskriminasi dan stigmatisasi baru. Langkah-langkah yang diangkat oleh Perancis didasarkan pada gagasan yang salah bahwa “pasangan stabil melindungi terhadap HIV”, alih-alih menggunakan kriteria praktik risiko, yang digunakan dalam pencegahan HIV di seluruh dunia, dan yang tidak tergantung pada orientasi seksual orang.

Upaya kelembagaan harus untuk mendidik, menginformasikan, mencegah dan menyelidiki untuk memberantas penularan HIV, dan tidak menstigmatisasi atau mengkondisikan kehidupan masyarakat. Kita tidak mau melepaskan martabat kita dan memiliki kehidupan yang layak dijalani di belahan dunia mana pun. Dukungan kami kepada orang-orang, kelompok sosial dan aktivis dalam perjuangan ini. Bersama-sama kita akan mengatasi diskriminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *