IU bertaruh di Parlemen Eropa untuk legislasi melawan LGTBIfobia

IU bertaruh di Parlemen Eropa untuk legislasi melawan LGTBIfobia

Pada tanggal 20 Oktober, sebuah konferensi diadakan di Bruslas di Parlemen Eropa untuk mempromosikan kemajuan dalam undang-undang untuk memerangi typhobia LGBT di Eropa.

Hari itu diselenggarakan oleh eurodiputadxs dari IU Marina Albiol dan Ernert Urtasun, European Left GUE / NGL dan Lxs Verdes.

Aktivis dari berbagai kelompok Spanyol dan Catalan, FELGTB, ALEAS IU, FAGC, OCH, Casal Lambda, Keluarga LG, ACEGAL, ACAHTI menghadiri Hari itu.

Konferensi dibuka oleh lesbian MEP Ulrike Lunaceck, dari Lxs Verdes, yang dikenal di seluruh Eropa sebagai orang yang mempromosikan roadmap hak LGBTI, Lunaceck Report yang terkenal. Wakil tersebut menekankan perlunya untuk terus mempromosikan implementasi nyata dari peta jalan ini, yang memiliki banyak hambatan dari kelompok konservatif Eropa, yang bertentangan dengan hak-hak orang LGBTI.

Lxs Verdes MEP Ernest Urtasun menyambut dan menjelaskan tujuan hari itu.

Eugeni Rodríguez, seorang aktivis FAGC yang bersejarah, mempresentasikan proses penyusunan hukum hak LGBTI Catalonia dan isinya, dan kesulitan implementasi aktualnya setelah setahun disetujui.

Perwakilan pemerintah Malta mempresentasikan kemajuan tentang hak lgbt yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir di negaranya, berkat pemerintahan baru yang berkomitmen untuk kesetaraan.

Perwakilan ILGA mengomentari situasi legislatif Eropa tentang kesetaraan dan kesenjangan yang ada mengenai diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender (karena Directive 2000/78 hanya melarang diskriminasi terhadap orang LGBTI di tempat kerja) dan proposal untuk arahan horisontal untuk semua jenis diskriminasi yang tetap diblokir sejak 2008.

Perwakilan dari DGJusticia mempresentasikan data Eurobarometer terbaru, yang menunjukkan permanennya diskriminasi homophobia dan khususnya diskriminasi transphob di Eropa, meskipun ada perbedaan besar antar negara.

Setelah presentasi ini, giliran intervensi oleh para aktivis yang hadir.
Presiden Jesús Generelo dari FELGTB berkomentar tentang perlunya undang-undang nasional yang komprehensif tentang hak-hak lgbti seperti yang ingin dipromosikan oleh FELGTB dan kelompok lain di Spanyol.

Javier Sáez, ahli teori dan aktivis gay ALEAS IU dan pekerja Fundación Secretariado Gitano menjelaskan perlunya memasukkan perspektif titik-temu dalam undang-undang LGBTI, mengingat bahwa komunitas tertentu seperti gipsi menderita diskriminasi dengan kekerasan di Eropa dan di dalam komunitas itu terdapat lgbti orang yang harus diperhitungkan dari perspektif diskriminasi berganda.

David Companyont dari EUIA, yang merupakan pelapor hukum LGBTI Catalan, berkomentar bahwa proses penyusunan undang-undang itu sangat penting, dengan negosiasi politik yang efektif dengan kekuatan parlementer Catalonia yang berbeda.

Rodrigo Araneda, presiden ACATHI, melanjutkan kembali masalah diskriminasi berganda tersebut, dalam hal ini para migran dan pengungsi LGBTI, dan kesulitan mengenali penganiayaan mereka untuk mencapai perlindungan yang efektif di Spanyol dan di Catalonia.

Perwakilan dari Keluarga Lesbian dan Gay mengklaim pendidikan yang tidak terkonsentrasi di mana anak-anak dengan orang tua LGBT diterima dengan baik di lingkungan pendidikan.

Eva Abril Aranjuez, anggota dewan lesbian untuk IU dan guru, turun tangan mengklaim visibilitas lesbian dan meninggalkan lemari sebagai seorang guru, karena penting bahwa ada referensi LGBTI di sekolah dan lembaga. Dia juga membela perlunya kebijakan transfeminis.

Akhirnya, aktivis lesbian Mireia Biosca dan koordinator ALEAS IU membela pentingnya pendekatan anti-kapitalis dan feminis ketika mengembangkan kebijakan LGBTI karena homofobia dilintasi oleh kelas sosial, etnis dan gender, dan kebijakan itu Neoliberal memangkas hak sosial yang memengaruhi orang LGBTI.

IU Marina Albiol MEP menutup hari yang menegaskan kembali komitmen kelompok Kiri Eropa dan Green Lxs untuk meningkatkan hak LGBTI dalam agenda politik Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *